Menu

Kamis, 18 Juli 2013

Wow Lampu Bertenaga Gravitasi

lampu ini dujual hanya USD5


Seorang desainer Inggris, Martin Riddiford belum lama ini menemukan lampu bertenaga gravitasi bumi, GravityLight. Lampu sebesar buah nanas ini digerakkan oleh beban seberat 25 pon yang jatuh perlahan dari ketinggian enam kaki dalam 30 menit.
Gaya kinetik yang dihasilkan tersebut mampu membuat motor di dalam lampu berotasi ribuan kali per menit dan menghasilkan cahaya. Meski lebih terang dari lampu minyak, namun lampu ini masih memiliki kekurangan: setiap setengah jam sekali, beban lampu tersebut harus dinaikkan secara manual untuk mengulang proses.
Kepada businessweek.com, Martin Riddiford mengatakan, GravityLight segera diuji coba di Afrika, Asia, Amerika Latin, dan Timur Tengah pada musim panas ini. “Menurut rencana, lampu ini akan dipasarkan dengan harga USD5 (sekitar Rp50 ribu) per unit,” ujar Martin yang berencana menggunakan teknologi ini untuk charger ponsel.
Di era modern seperti sekarang, ternyata masih ada 1,5 miliar penduduk di dunia, terutama darinegara-negara berkembang, yang hidup tanpa tenaga listrik—dan menggunakan lampu minyak tanah sebagai alat penerangan rumah. Bahkan data World Bank menyebutkan, mereka mengeluarkan 10% penghasilannya, yakni sekitar USD36 miliar, untuk membeli minyak tanah.
Apakah GravityLight jawabannya? http://blog.rumah.com

0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...