Menu

Kamis, 25 Juli 2013

Fakta Menarik Kumbang Titan, Serangga Terbesar di Dunia


Nama ilmiahnya Titanus giganteus atau lazim disebut dengan kumbang titan (titan beetle). Habitatnya menyebar di Amerika Selatan, mulai dari Brasil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, hingga Peru. Ada beberapa fakta yang menarik untuk diketahui soal serangga terbesar di dunia ini.

frankfiedler.com

1. Ukurannya bisa mencapai panjang sekitar 16,7 sentimeter.
2. Sebagai kumbang berukuran besar tentu sangat kuat. Misalnya saja, titan bisa mematahkan pensil jadi dua bagian. Namun, serangga ini tidak termasuk berbahaya bagi manusia kecuali Anda menerornya sedemikian rupa.
3. Kumbang jantan tidak makan sampai mereka dewasa. Energi yang ia butuhkan untuk tumbuh dan terbang mencari jodoh dikumpulkannya saat masih menjadi pupa.
animal.memozee.com

4. Karena ukuran dan bobot yang besar, kumbang titan jantan tidak bisa terbang. Mereka hanya memanjat dan meluncur di pepohonan, seolah-olah terlihat seperti terbang.
5. Kumbang titan merupakan komoditas yang menggiurkan. Seekor kumbang titan bisa dijual dengan harga Rp 5 juta. Banyak wisatawan berani merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk melihat binatang ini.





0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...