Menu

Sabtu, 11 Agustus 2012

Wah ! India Bagi Ponsel Gratis Untuk Rakyat Miskin Kapan Indonesia Ya

Warga India berbincang melalui ponsel


Pemerintah India berencana memberikan ponsel gratis kepada 200 juta warganya yang berada di garis kemiskinan untuk meningkatkan aksesibilitas kepada layanan perbankan dan laman informasi.Penasihat Senior Perdana Menteri India, Dr Montek Singh Ahluwalia, menjelaskan ide ini bertujuan mengentaskan kemiskinan yang membalut masyarakat miskin di India. Pemerintah India percaya dengan mempermudah akses informasi kepada masyarakat miskin, akan membantu meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat miskin.


"Kami juga percaya dengan peningkatan akses informasi masyarakat miskin maka dapat melindungi mereka dari korupsi yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS)," katanya seperti dilansir Telegraph, Jumat 10 Agustus 2012.Kementerian Telekomunikasi India menyatakan rencana ini hanya akan menghabiskan investasi di bawah miliaran rupee dengan target enam juta orang warga di bawah garis kemiskinan, di mana pendapatan mereka hanya 5.450 rupee atau sekitar Rp936 ribu per bulan.Ide pemerintah India ini sebenarnya bukan ide baru dan pemerintah India mengakui ide ini mencontek M-Pesa Mobile Phone Banking System yang sukses diterapkan di Kenya. 

M-PESA berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat Kenya dengan memperluas akses perbankan dengan cukup mengirimkan pesan singkat.Dengan konsep Mobile in Every Hand, pemerintah India akan mendata ulang masyarakat miskin yang kebanyakan tidak mempunyai kartu identitas. Pendataan ini akan mengambil setiap detil biometric dan nomor jaringan pengaman untuk membantu mereka mengakses layanan pemerintah.Di India sendiri dalam 10 tahun terakhir terjadi revolusi ponsel saat ponsel-ponsel murah asal China merajai penjualan di India. Ditambah layanan paket-paket murah yang disediakan operator membuat banyak orang miskin di India terdorong untuk memiliki ponsel._dunia.news.viva.co.id

0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...