Menu

Kamis, 16 Agustus 2012

Pria Ini Ciptakan Tangannya Sendiri


Hebat! pujian itulah yang pantas dilontarkan terhadap Sun Jifa. Meski dengan fisik dan ekonomi yang terbatas, pria tua asal Guanmashan, Provinsi Jilin, China itu mampu menciptakan sebuah tangan bionik buatan sendiri. 

Sun Jifa sebelumnya dikenal sebagai pembuat bom yang digunakan untuk menangkap ikan. Namun dalam satu kecelakaan, bom yang digunakannya meledak dan menghancurkan kedua tangannya.

Pria berusia 51 tahun itu sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Di sana ia mendapat tawaran untuk menggunakan tangan palsu. Namun karena dianggap tidak sesuai dengan keinginannya, Sun memutuskan melanjutkan hidupnya tanpa kedua tangan. 

Sadar dirinya harus makan, Sun yang kemudian bekerja di sebuah peternakan keluarga mulai berpikir untuk menciptakan tangan palsu. Alhasil tercetuslah ide untuk membuat tangan bionik. 

Dengan menggunakan bahan baja dan beberapa peralatan lainnya yang berhasil dikumpulkan, Sun mulai merangkai satu demi satu tangan bionik tersebut. Kini setelah 8 tahun berlalu, Sun akhirnya mampu mengoperasikan tangan palsu hasil rancangannya itu.

Sun Jifa, kehilangan kedua tangannya akibat bom ikan yangdibuatnya sendiri.

Dengan bantuan tangan bionik itu, Sun kini dapat makan seperti orang pada umumnya dan mempermudah dirinya melakukan pekerjaan di peternakan.

Dengan bahan seadanya, ia menghabiskan 8 tahun demi membuat tangan bioniknya.

 
Dengan tangan bionik, kini Sun bisa kembali bekerja seperti biasa

Walau demikian, Sun mengaku masih mengalami sedikit kesulitan saat menggunakan tangan bionik itu. Baja yang agak berat sering membuat Sun merasa lelah jika terlalu lama menggunakannnya. 

Belum lagi bahan baja juga dikenal dapat menyerap suhu udara dengan baik. Dengan kata lain, saat di musim dingin, Sun akan mudah merasa kedinginan. Sebaliknya di musim panas, tangan Sun akan merasa terbakar kepanasan.

Sun melepaskan tangan bioniknya saat tidur.






0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...