Menu

Jumat, 02 Agustus 2013

10 Kawah Vulkanik Terunik Di Dunia


Kawah dari gunung berapi punah dan gunung berapi pasif, adalah depresi melingkar di tanah yang disebabkan oleh aktivitas vulkanis kuno. Kawah ini biasanya sebuah basin, melingkar dalam bentuk di mana terdapat vent. Karena ketidakaktifannya kawah-kawah ini sebagian besar mengalami banyak perubahan yang disebabkan oleh faktor-faktor atmosfer dan manusia. Kerucut vulkanik yang tidak biasa dan indah, jejak aktivitas manusia, vegetasi subur dan danau kawah yang berwarna-warni adalah alasan utama mengapa banyak wisatawan mengunjungi tujuan yang luar biasa ini.

1. Diamond Head, Hawaii, USA

Diamond Head adalah nama kerucut tuf vulkanik di pulau Hawaii Oahu. Namanya diberikan oleh pelaut Inggris di abad ke-19, yang mengira kristal kalsit tertanam dalam batu sebagai berlian. Kawah ini merupakan ciri dari pandangan yang telah sangat dikenal oleh warga dan wisatawan di Waikiki.


Kerucut vulkanik tuff adalah US State Monument. Sementara sebagian dari daerah ini berfungsi sebagai platform untuk antena yang digunakan oleh pemerintah AS dan ditutup untuk umum, kedekatan kawah tersebut dengan hotel resort Honolulu dan pantai membuat sebagian lainnya menjadi tujuan wisata yang populer.


Interiornya adalah rumah bagi Fort Ruger, sebuah reservasi militer pertama Amerika Serikat di Hawaii. Hanya fasilitas Garda Nasional yang berada di kawah. Sebuah pusat kontrol lalu lintas udara FAA pernah beroperasi dari tahun 1963 sampai tahun 2001. 
Selengkapnya Disini: Kawah Diamond Head Hawaii


2. Kelimutu, Indonesia

Kelimutu adalah gunung berapi, dekat kota kecil Moni di pusat Pulau Flores di Indonesia. Gunung berapi ini berisi tiga danau kawah puncak yang mencolok dengan berbagai warna. Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) biasanya biru dan merupakan paling barat dari tiga danau.


Dua danau lainnya, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo dipisahkan oleh dinding kawah bersama dan biasanya masing-maing berwarna hijau atau merah. Warna danau bervariasi secara periodik. Fumarol yang terhubung dgn dasar laut adalah kemungkinan penyebab dari upwelling aktif yang terjadi di dua danau Timur.


Pengunjung tidak pernah yakin danau akan berwarna apa ketika mereka mencapai puncak karena mereka bervariasi secara signifikan. Tidak seperti danau kawah lain di mana variasi warna dapat diprediksi, hal ini tidak terjadi dengan ketiga danau. Warna yang Anda lihat di sini adalah biru, hijau dan hitam (dan mereka mendominasi) namun danau juga berubah menjadi putih, merah dan biru juga. 


3. Kawah di Rocas Bainbridge, Kepulauan Galapagos, Ekuador

Islet (pulau kecil) yang indah ini terletak di Rocas Bainbridge - rantai kerucut vulkanik lepas pantai tenggara Pulau Santiago, Galapagos.


Danau Turquoise yang terletak di kawah gunung berapi punah ini adalah sebuah danau air asin yang dangkal. Ini adalah tempat pertemuan bagi sejumlah besar flamingo, yang datang ke sini untuk makan.

4. Xico, Meksiko

Gunung berapi Xico duduk di ujung selatan ekstrim dari megalopolis Mexico City. Pada suatu masa, daerah ini berada di bawah air, tenggelam oleh Danau Chalco. Danau mulai mengering di tahun 1300-an, dan nelayan Aztec menetap di sepanjang tepi danau. Pada abad kesembilan belas, pemerintah menguras seluruh danau, para nelayan diberikan hibah tanah ulayat dan diajarkan cara bertani menjadi petani.


Pertanian menjadi intensif di tahun 1970-an, ketika agriculturists dan petani putus asa yang tak bertanah merebut tanah vulkanik yang kaya ini. Ribuan dan ribuan keluarga dituangkan berdatangan ke wilayah ini, berharap untuk bekerja. Petani memanjat tepi gunung berapi dan bidang di dalam kawah, dibajak. Kota Xico berkembang sampai ke kawah Xico, dan tampaknya akan segera menelannya, pada tahun 2005, penduduk kota itu 330.000 jiwa. 

5. Molokini, Hawaii, USA

Molokini adalah kawah gunung berapi berbentuk bulan sabit yang sebagian tenggelam dan membentuk pulau kecil yang terletak di Channel Alalakeiki antara Pulau Maui dan Kahoolawe, bagian dari Maui County di Hawaii. Memiliki luas wilayah 23 hektar (93.169 meter persegi), diameter sekitar 0,4 mil (0,6 km), dan terletak sekitar 2,5 mil (4,0 km) barat dari Makena State Park dan selatan Maalaea Bay. Ini adalah tujuan wisata populer untuk scuba diving, snuba dan snorkeling.


Tempat ini adalah salah satu dari 10 tempat terfavorit untuk kegiatan menyelam di dunia. Bentuk bulan sabit Molokini melindungi penyelam dari gelombang dan arus yang kuat. Kawah menjadi tempat karang untuk tumbuh subur dengan visibilitas yang sangat baik sedalam 150 kaki (46 m). Molokini adalah rumah bagi sekitar 250 spesies ikan, banyak yang endemik. Islet ini adalah State Seabird Sanctuary nya Hawaii. 
Selengkapnya Baca Disini: Kawah Molokini


6. Seongsan Ilchulbong, Korea Selatan

Seongsan Ilchulbong, juga disebut 'Sunrise Puncak', merupakan kerucut tuff archetypal yang terbentuk oleh letusan hydrovolcanic pada dasar laut yang dangkal sekitar 4 ribu tahun yang lalu.


Terletak di pesisir timur Pulau Jeju dan dikatakan menyerupai kastil kuno raksasa, ini adalah kerucut tuff setinggi 182 (600 ft), memiliki kawah seperti mangkuk diawetkan dan juga menampilkan struktur dalam yang beragam.


Fitur-fitur ini dianggap bernilai geologis, memberikan informasi mengenai proses letusan gunung berapi dan pengendapan hydromagmatic di seluruh dunia serta aktivitas gunung berapi masa lalu Seongsan Ilchulbong sendiri. Kawah gunung berapi ini memiliki vegetasi subur dan merupakan rumah bagi 6 spesies tanaman langka. 


7. Nabiyotum Crater, Kenya

Kawah Nabiyotum terletak di bagian selatan Danau Turkana di Kenya - danau alkali terbesar di dunia. Karena penampilan yang indah dan tidak biasa, kawah ini merupakan keajaiban geologi dari danau.




8. Aogashima, Jepang

Aogashima adalah sebuah pulau vulkanik Jepang di Laut Filipina, dikelola oleh Tokyo dan terletak sekitar 358 kilometer (222 mil) selatan Tokyo. Ini adalah pulau berpenghuni selatan dan paling terisolasi di kepulauan Izu.


Daya tarik terbesar adalah gunung berapi ganda Aogashima. Pulau itu sendiri adalah kawah gunung berapi raksasa, dan dalam kawah ada gunung berapi lain, yang lebih kecil.

Kerucut yang lebih kecil yang terletak di dalam kerucut vulkanik yang lebih besar
Aogashima adalah pulau vulkanik sepanjang 3,5 km (2,2 mil) dengan lebar maksimum 2,5 km (1,55 mil). Pulau ini dikelilingi oleh tebing terjal sangat curam dari deposito vulkanik berlapis. Pantai selatan nya juga naik ke punggung bukit yang tajam membentuk salah satu tepi kaldera bernama Ikenosawa dengan diameter 1,5 km (0,9 mil). Kaldera mendominasi pulau, dengan satu titik di punggungan selatan, Otonbu dengan ketinggian 423 meter (1.388 kaki), sebagai titik pulau tertinggi. Kaldera ini ditempati oleh kerucut sekunder bernama Maruyama.

Salah satu bagian dari desa yang terletak di kawah
Desa Aogashima mengelola pulau di bawah Hachijo Subprefecture dari Metropolis Tokyo. Pada 2009, penduduk pulau itu 205 jiwa. Aogashima juga dalam batas-batas dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. 
Baca Juga: Pulau-Pulau Dengan Tebing Sekeliling

9. Santa Margarida Volcano, Spanyol

Gunung berapi Santa Margarida adalah gunung berapi di Comarca Garrotxa, Catalonia, Spanyol. Gunung berapi ini memiliki perimeter 2 kilometer (1,25 mil) dan ketinggian 682 meter (2,240 ft) dan merupakan bagian dari Taman Nasional Garrotxa Volcanic Zone. Pertapaan Santa Margarida, yang namanya menjadi nama gunung ini, berada di dalam kawah gunung berapi. Bangunan ini dihancurkan pada tahun 1428 saat gempa Catalonia 1428 dan dibangun kembali pada tahun 1865.


Terletak di tengah-tengah gunung berapi aktif di Catalonia, kawah tampaknya membuka untuk mengungkapkan sebuah gubuk batu kecil. Tidak ada satupun bangunan di daerah depresi ini, kecuali pertapaan. Tercakup dalam vegetasi padat pada semua sisi, gubuk yang aneh terletak di lahan kering datar di tengah formasi.


Daerah ini terkenal dengan zona vulkanik dan secara teratur dikunjungi, tapi hampir tidak ada informasi mengenai pertapaan. Wisatawan hanya bisa berharap gunung berapi tidak tiba-tiba meletus.




10. Koko Crater, Hawaii, USA

Koko Crater adalah kerucut cinder besar yang secara visual mendominasi daerah Koko Head - Tanjung yang mendefinisikan sisi timur Maunalua Bay sepanjang sisi tenggara Pulau Oahu di Hawaii.


Dalam kawah adalah kandang kuda dan Koko Crater Botanical Garden yang mengkhususkan diri pada tanaman kaktus dan succulents. Botanical garden memiliki luas 60 hektar. Iklim yang panas dan kering di sini membuat taman ini menjadi lokasi yang ideal untuk koleksi lahan kering dari Botanical Gardens Honolulu.






Sumber_http://klik77.blogspot.com

0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...